Sabtu, 26 Juni 2010

ANALISIS WEB PUSLITBANG GIZI DAN MAKANAN 2


Analisis terhadap web Puslitbang Gizi dan Makanan yang memiliki alamat www.p3gizi.litbang.depkes.go.id dilakukan dengan menganalisis penerapan kaidah web usability berpedoman pada buku Prioritizing Web Usability oleh Jakob Nielsen. Di dalam buku ini, terdapat beberapa aspek penting dalam merancang sebuah website, yaitu :
1. Nothing to Hide
2. The Web User Experience
3. Revisiting Early Web Usability Findings
4. Prioritizing Your Usability Problems
5. Search
6. Navigation and Information Architecture
7. Readability & Legibility
8. Writing for the Web
9. Providing Good Product Information
10. Presenting Page Elements
11. Balancing Technology with People's Needs
12. Design That Works
Analisis web yang dilakukan tidak secara menyeluruh aspek yang ada, melainkan secara garis besar dan bagian bagian yang terpenting. Analisis kali ini juga mengacu pada buku Submit Now oleh Andrew Chak. Selain buku-buku tersebut juga digunakan beberapa artikel sebagai bahan refrensi.
Logo dan nama
Lambang (logo) dan nama adalah identitas utama sebuah website. Identitas adalah hal yang penting dan wajib ada dalam sebuah web. Identitas bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang web yang sedang mereka kunjungi. Pada web ini, logo dan nama perusahaan sudah diberikan dengan jelas. Selain itu, juga ada slogan (tagline) dari perusahaan.
Pengkajian logo dan nama pada web ini dikarenakan logo menyatu dengan gambar atau foto dan logo tidak menggunakan logo instansi pulitbang gizi dan makanan tersendiri. Solusi untuk permasalahan logo dan nama puslitbang sebaiknya logo tidak diletakan berdekatan dengan foto atau gambar sehingga tidak menyerupai iklan.


Breadcrumb bertujuan memberikan informasi kepada pengguna mengenai posisi atau kedudukan mereka saat ini, sehingga pengguna mengetahui pada jendela apa. Breadcrumb juga membantu pengguna dalam menelusuri path yang telah dilaluinya sampai berada di posisi saat ini sehingga pengguna dengan mudah dapat kembali ke halaman sebelumnya. Pada web ini tidak terdapat breadcrumb. Breadcrumb memang kurang dibutuhkan pada web ini karena setiap page rata-rata hanya memiliki jarak path satu klik dari halaman utama. Lalu, bagaimana pengguna mengetahui dimana posisinya sekarang ?. Pengembang web ini membuat judul pada setiap halaman sehingga pengguna bisa mengetahui dimana posisinya sekarang.


Pengguna tidak dapat upload atau menambah artikel.
Kelemahan web ini salah satunya adalah web tersebut tidak menyediakan pengguna untuk menambah artikel atau pun jurnal yang ada pada web Puslitbang Gizi dan Makanan. Informasi yang ada juga kurang update dan jurnal yang ada sulit untuk di download.
Secara umum layout web ini dapat dikatakan konsisten untuk setiap halaman. Pada setiap halaman, bagian atas berupa header dan menu-menu utama. Begitu pula dengan menu-menu yang terletak pada bagian sebelah kiri dan footer. Hanya saja pada web ini, menggunakan jenis bahasa yang digunakan berbeda. Pada halaman BERITA terdapat kalimat yang menggunakan bahasa inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar